Tips Cara Merawat Bayi Kura kura

hai haii gan....
kali ini saya akan memberikan tips bagaimana sih cara merawat bayi kura kura brazil
baik langsung aja yaa gan ke dalam TKP engga usah ber tele tele :)
postingan saya ini sesuai dengan pengalaman saya saat memelihara kura kura brazil yang masih anakan.

hal yang harus anda lakukan saat pertama kali membeli kura kura yaitu lihat kondisi kura kura apakah dia sehat atau kurang fit, pililah anakan kura kura yang sehat dan mata nya tidak pucat, cek cangkang kura kura apakah dia berjamur atau tidak, jika cangkangnya berjamur jangan dicoba coba membelinya, karna itu yang membuat umur usia anakan kura kura pendek atau cepat mati. Baik itu cara memilih kura kura saat kita membeli nya.

Related image

sekarang cara merawat bayi kura kura , sesuai dengan pengalaman saya .

1. Siapkan Kontainer/GEX/Aquarium

Saya tidak memakai filter di sini, melihat ukuran baby yang menurut saya tidak memungkinkan memakai filtrasi, mungkin ketika sudah ukuran 5cm ke atas baru saya alihkan ke filtrasi. Jika tanpa filtrasi, setiap hari saya ganti airnya, pagi ganti air, lalu pagi lagi, di saat kura kita jemur di tempat lain yang lebih kecil/wadah berjemur. Kita sempatkan untuk membersihkan kontainer dan mengganti air.

 2. Siapkan Lampu Penghangat dan Batu Sebagai Basking Area

-Lampu cukup bohlam merk Phillips tipe softone 40 watt seharga Rp. 6000 dan merangkai kabel sendiri dengan kabel cukup 2m, kop lampu dan jek ke arah stop kontak. Itu sangat murah kawan, gak sampai Rp. 20000 kita bisa membuat salah satu komponen yang penting dalam memelihara si baby.

-Basking bisa beli di pet shop berbagai ukuran, kecil, sedang hingga besar sesuai tubuh si kura. Harga mulai dari Rp. 20000 s/d Rp. 100000 ke atas. Bisa juga dengan batu-batuan yang ditumpuk, saya prefer dengan batu-batuan untuk ukuran baby.

3. Penjemuran
Waktu jemur ialah di jam 07.00 pagi s/d jam 10.00 pagi
Siapkan kontainer/wadah untuk tempat kura berjemur di bawah sinar matahari
Masukkan air ke dalam wadah tanpa melebihi karapas kura atau tanpa air. Tanpa air ialah dimana kura benar benar total dalam penjemuran, biasanya saya menggunakan tips ini. Masukkan kura ke dalam wadah.
Waktu penjemuran cukup 10 atau 15 menit saja di setiap harinya.
Setelah 10 atau 15 menit penjemuran selesai, kura jangan langsung dipindah ke kontainer yang sudah kita bersihkan tadi, tetapi wadah dan kura-kura dipindah di tempat yang teduh dulu beberapa menit agar kura-kura tidak kaget/stress. Baru setelah dirasa sudah cukup ditempat yang teduh, kura-kura bisa dipindahkan ke kontainer.

Image result for tips merawat kura kura brazil

4. Kebutuhan

Makanan Pellet Khusus Kura. Kebutuhan vitamin, mineral dan zat gizi mempengaruhi pertumbuhan si kura. Kalau tidak tepat dalam asupan nutrisi, bisa-bisa kura kita jadi shell roots/berjamur, lalu karapas jadi mudah lembek karena kekurangan kalsium dsb. Langsung saja, saya prefer ke pellet khusus kura-kura, bukan pellet ikan biasa yang ada di pasaran, pellet kura tersedia di pet shop

5. Kebersihan

Biasanya kura-kura baby kita pegang bersama air keran yang mengalir pelan, lalu bagian karapas kita gosok pelan-pelan dengan jari tangan agar lumut yang menempel bisa hilang, bisa dilakukan 1 x dalam seminggu. Untuk ukuran 3 cm saya gak menganjurkan menggunakan pasta pembersih seperti odol, sabun cair dll karena mencegah/menghindari yang namanya stress pada kura dan infeksi jika terjadi pada mata kura ketika terciprat.
Sekian cerita pengalaman memelihara kura-kura ukuran baby/ 3 cm dari saya
jika ada ilmu lebih bisa dong bagi bagi heheh


R_Rudy Saputra

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Penemu Microsoft Word (office)

Simbol Simbol FlowChart dalam Pemrograman Komputer