Cara merawat landak mini bagi pemula

Landak mini merupakan salah satu hewan mamalia lucu, imut, dan menggemaskan. Tak heran jika landak mini kerap menjadi hewan peliharaan layaknya seperti hamster maupun kelinci. Bagi para pecinta binatang landak mini memiliki keunikan tersendiri dengan hewan lain pada umumnya. Untuk memelihara landak mini perlu memperhatikan bagaimana saja cara yang dibutuhkan mengingat hewan mungil ini dapat terserang penyakit layaknya hewan pada umumnya.
Image result for landak mini 
Landak mini tergolong sebagai hewan nocturnal yang disebut sebagai hewan yang aktif ketika malam hari. Umur landak mini pada umumnya adalah 6 sampai dengan 10 tahun, tergantung dengan cara perawatan dilakukan. Bagi para pemula yang akan memelihara landak mini, sebaiknya perhatikan beberapa cara di bawah ini yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Berikut Cara Merawat Landak Mini bagi Pemula

1. Perhatikan Ukuran Kandang
Seperti halnya dengan hewan-hewan peliharaan lain, ukuran kandang pada landak mini juga perlu diperhatikan. Untuk kandang kita bisa memberikannya aquarium, ataupun kandang yang terbuat dari logam. Untuk ukuran kandang sebaiknya dibuat dengan ukuran yang lebih besar, agar si landak mini bisa lebih leluasa dan terhindar dari stress. Perhatikan tinggi kandang yakni minimal sekitar 30 cm agar si landak tak dapat memanjat.
Untuk alas berikan serbuk kayu agar nyaman dan hangat bagi landak mini. Sebagai tambahan Anda juga bisa memberikan beberapa mainan yang bisa dibeli di toko hewan seperti tempat kecil untuk bersembunyi dan beberapa mainan khusus untuk hewan mungil.
2. Jaga Kebersihan Kandang
Kebersihan kandang menjadi prioritas ketika memelihara landak mini. Dengan kondisi dan keadaan kandang yang bersih mampu membantu mengurangi resiko bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan mungil ini. Untuk membersihkan kandang dapat dilakukan seminggu sekali atau 4 hari sekali. Selain itu perhatikan suhu agar tetap hangat, sehingga nyaman bagi landak mini.
3. Perhatikan Makanan yang Diberikan
Cara merawat landak mini selanjutnya adalah perhatikan makanan yang diberikan. Landak mini tidak boleh diberikan makanan sembarangan karena landak mini termasuk sebagai hewan pemakan serangga. Meskipun begitu Anda tak perlu khawatir, karena hewan mungil ini dapat Anda berikan makanan khusus seperti biskuit, makanan untuk kucing, dan jangan lupa berikan beberapa ulat seperti ulat jerman, ulat hongkong, dan beberapa jenis serangga lainnya. Untuk minum, Anda bisa memberikannya dengan menyediakan tempat khusus untuk minum. Untuk tempat minum usaha kan menggunakan yang seperti di sedot, atau bisa kita beli di petshop, bilang saja tempat minum dot untuk hamster atau landak mini. Karna tempat minum ini sangat simple, sehinggan kotoran si landak mini tidak terkena air minum.
4. Merawat Landak dengan membersihkannya
Landak mini dapat dibersihkan badannya dengan cara dimandikan secara perlahan. Cara memandikan hewan mungil ini tidak sembarangan, namun cukup mudah yakni hanya dengan menyikat secara perlahan dan memberikan shampoo bayi secukupnya saja. Landak mini dapat berenang, oleh karena itu jangan terlalu khawatir akan tenggelam. Setelah memandikannya jangan lupa untuk mengeringkannya dengan menggunakan kain halus atau bisa dengan hairdryer.

cukup sekian tips cara merawat landak mini dari saya, semoga anda bisa mencoba praktekannya jika sudah mempunyai wadah tempat dan si landak mungil itu :)
jangan lupa berbagi ilmu jika sudah lebih berpengalaman yak :)



Rudy Saputra



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Penemu Microsoft Word (office)

Simbol Simbol FlowChart dalam Pemrograman Komputer