Cara membudidayakan burung love bird


Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membudidayakan burung lovebird. Burung lovebird atau biasa orang bilang burung cinta, burung jenis ini banyak sekali orang yang memeliharanya baik untuk kontes burung atau di budidayakan karna burung jenis ini mudah sekali untuk diternakan. Salah satu burung yang menjanjikan keuangan kita disaat ada waktu luang, burung ini bisa dijadikan  burung primadona yang sangat populer untuk kalangan pecinta burung, karna warnanya yang sangat mencolok indah dan suaranya yang identik dengan ngekeknya yang panjang. 


Langsung saja ke topic pembahasan ternak burung lovebird.
1.       Persiapan kandang besi atau kawat ram ukuran 50x50x50 cm bisa ditempati oleh 1 pasang burung lovebid. Jangan lupa berikan sangkar burung atau glodok burung untuk tempat burung lovebird bertelur, sangkar burung atau glodok bisa kita beli di took burung atau bisa kita buat sendiri dengan bahan kayu, jangan lupa diberikan tenggeran atau tempat burung nangkring hehe.
2.       Pilih jenis indukan yang akan kita ternak. Pilihlah indukan yang sudah siap untuk diternakan usahakan pilih indukan yang sudah berusia 7 sd 9 bulan. Satukan indukan dalam waktu kurang lebih 1 sd 2 bulan untuk masa perkawinan. Dalam masa perkawinan kita sambil memperhatikan apakah burung ini sudah jodoh atau sudah siap untuk bertelur. Jika belum siap burung ini biasanya akan berantem atau tidak saling cocok dengan pasangannya. Pisahkan burung jika memang tidak jodoh atau tidak siap untuk kita ternakan, karna saya juga yakin pasti jika di satukan terus menurus burung ini tidak akan jadi atau tidak akan berkembang biak.
3.       Lihat hasil perkawinan atau masa produksi. Lovebird biasanya akan bertelur pada usia muda yaitu sekitar umur 7 sd 8 bulan jika memang burung lovebird tersebut sudah jodoh atau sudah melewati masa perkawinan. Biasanya burung lovebird mengerami telur 21 hingga 23 hari, telur burung lovebird untuk usia muda atau burung yang baru pertama kali dikawinkan yaitu sekitar 2 sd 3 butir telur. Masa tetas burung lovebird hingga 100 persen itu tergantung pada indukan untuk merawat telurnya atau merawat anakannya yang sudah menetas.
4.       Masa pembesaran anakan lovebird. Dalam masa pembesaran ini burung lovebird yang sudah memasuki usia 1 bulan bisa kita pisahkan dengan induknya atau bisa juga kita biarkan dengan induknya sampai dengan anakan tersebut bisa makan sendiri. Kita bisa memisahkan anakan lovebird dalam usia 1 bulan dengan memberikan susu bayi atau energen dengan menggunakan suntikan bekas untuk melolohkan nya, dengan cara ini burung lovebird anakan yang sudah kita asu akan lebih jinak kepada kita, karna burung tersebut menggangap kita seperti indukannya, dalam hal ini disebut dengan masa penjinakan.
Itu saja yang bisa saya sampaikan dengan pengalaman saya sendiri mengenai ternak burung lovebird, burung lovebird yang saya ternakan jenis burung lovebird kacamata paskun (pastel  kuning)


Itu saja yang bisa saya sampaikan dengan pengalaman saya sendiri mengenai ternak burung lovebird, burung lovebird yang saya ternakan jenis burung lovebird kacamata paskun (pastel  kuning)
Kalau ada yang lebih banyak ilmunya mengenai ternak burung lovebird jangan lupa berbagi ilmu yak :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Penemu Microsoft Word (office)

Simbol Simbol FlowChart dalam Pemrograman Komputer